Panggilin – Sejak lama, Portfolio penting untuk menjadi senjata dalam peningkatan karir Anda, baik saat ini Anda sedang mencari pekerjaan atau tidak.

Hari ini, sebagian besar profesional yang sudah memahami pentingnya memiliki portfolio untuk mengembangkan dan memajukan karir mereka.

Hal ini dilakukan oleh mereka dalam hal mengembangkan potensi penghasilan mereka di masa depan sehingga semakin banyak yang mereka kerjakan selama ini bisa terarsip dengan baik untuk peningkatan penghasilan mereka.

Baca Juga: Tertarik Jadi Developer? Ini Dia 4 Bahasa Pemrograman Terpopuler Di Dunia Kerja!

Apa Itu Portfolio?

Portofolio adalah kumpulan catatan ataupun pekerjaan yang mencerminkan prestasi, keterampilan dan pengalaman dari seseorang.

Portfolio penting untuk karir karena di dalamnya menyoroti dan menampilkan sampel dari beberapa karya atau hasil pekerjaan terbaik Anda.

Yuk Mulai Cari Pendapatan Tambahan dengan Freelance di Panggilin!

Kenapa Portfolio Penting untuk Karir?

Portfolio menjadi hal yang penting dalam akselerasi karir karena informasi yang Anda masukkan ke dalamnya dapat sangat mencerminkan kemampuan sebagai individu serta menjadi alat yang berguna dalam mempromosikan diri Anda kepada perusahaan maupun klien yang membutuhkan.

Sebuah portofolio memang tidak akan menggantikan resume dalam sebuah proses rekrutmen, tapi hal itu dapat menonjolkan kemampuan Anda lebih dari sekedar tulisan pengalaman di resume.

Baca Juga: Tertarik Jadi Freelancer? Ini 5 Cara untuk Menang Bid dalam Project!

Kenapa Anda Membutuhkan Portfolio?

Portofolio adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kompetensi yang akan Anda cantumkan di resume atau bicarakan dalam wawancara.

Hal ini disebabkan karena portfolio ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan bukti kompetensi Anda dan tidak hanya sekedar dalam percakapan dalam wawancara.

Selama pencarian kerja, portofolio menampilkan keahlian Anda kepada calon pemberi kerja. Ini menyajikan bukti keterampilan dan kemampuan Anda yang relevan.

Baca Juga: Merasa Kurang Gembira? Yuk Kenali Tanda Languishing

Selain itu, portofolio juga berguna untuk kontraktor independen, konsultan, atau pemilik bisnis yang perlu memberikan contoh pekerjaan dan prestasi yang telah mereka lalukan kepada klien potensial.

Di luar pencarian pekerjaan atau klien, pengarsipan sampel pekerjaan Anda ke portofolio adalah cara yang bagus untuk melacak dan mencatat sampai mana pencapaian Anda dalam sebuah keterampilan.

Butuh waktu cukup lama untuk menyusun portofolio, jadi pastikan itu up-to-date untuk mempersiapkan Anda menghadapi situasi tak terduga seperti PHK dan perubahan mendadak pada pekerjaan Anda serta salah satu cara untuk membangun portfolio adalah dengan mengikuti banyak project atau freelance.

Yuk Mulai Cari Pendapatan Tambahan dengan Freelance di Panggilin!

Apa Pekerjaan dan Industri yang Menganggap Portfolio Penting?

Profesi tertentu memang pada dasarnya menggunakan portofolio untuk menunjukkan karya mereka agar terlihat lebih relavan dan konkrit.

Seniman, desain grafis, desain interior, dekorator kue, penulis, guru, arsitek, dan banyak lainnya adalah jenis profesi visual yang telah mendokumentasikan pekerjaan mereka dalam portofolio sejak lama. Namun hari ini, setiap profesional di industri apa pun dapat dan harus mempertimbangkan untuk memulai membiat dan memiliki portofolio.

Baca Juga: Ingin Dapat Uang Saku Tambahan? Yuk Gabung dengan Panggilin Student Campus Ambassador!

Author

Write A Comment