Panggilin – Dari banyak hal yang harus dilakukan dalam strategi pemasaran, salah satu yang paling penting diantaranya adalah membangun brand awareness.

Apa Itu Brand Awareness?

Brand Awareness atau kesadaran merek merupakan istilah untuk mewakili seberapa akrab audiens Anda dengan produk atau merek yang Anda miliki. Ini adalah posisi dimana seseorang sudah sangat mengingat brand Anda dipikiran mereka bahkan saat tanpa adanya iklan sekalipun.

Membangun kesadaran merek dalam strategi pemasaran baik secara digital ataupun konvensional tentu menjadi hal yang sangat penting, terutama pada tahap awal bisnis. Dimana saat itu, produk bahkan brand Anda belum dikenal orang sama sekali.

Baca Juga: Merasa Terganggu? Ini Cara untuk Mengatasi Languishing!

Kenapa Membangun Brand Awareness Menjadi Hal yang Penting?

Ada beberapa alasan yang membuat mengapa kesadaran merek menjadi hal yang sangat penting, salah satunya adalah strategi ini dapat menumbuhkan kepercayaan dalam brand kepada audiens yang ditargetkan.

Saat ini, konsumen umumnya sudah sangat pintar dan kritis dimana mereka akan melakukan penelitian atau riset kecil dalam mencari informasi dan testimoni pengguna lain sebelum melakukan pembelian. Tahap inilah yang harusnya dicapai oleh brand awareness jika berhasil, saat orang menyadari brand Anda dan mulai mencari tahu informasi di dalamnya.

Baca Juga: 3 Website Font Terbaik untuk Melengkapi Desainmu!

Setelah konsumen terikat dengan merek Anda, mereka akan cenderung melakukan pembelian berulang sehingga dapat meningkatkan kepercayaan akan brand Anda di mata konsumen. Poin inilah yang hendak dicapai oleh strategi pemasaran ini.

5 Cara Membangun Brand Awareness

Agar audiens mengenal dan tahu produk Anda lebih dalam, tentu hal ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Palu waktu yang agak lebih lama agar audiens yang ditargetkan ini menyadari kelebiahn dan keunikan Anda sebagai sebuah brand atau produk.

Jadi, agar audiens mulai mengenal Anda dari sekian banyak produk yang ada di pasaran, Anda harus mulai menyorot kelebihan serta keunikan produk yang tidak semua brand serupa miliki. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun brand awareness yang mungkin bisa Anda coba,

Yuk Mulai Cari Pendapatan Tambahan dengan Freelance di Panggilin!

1. Memposisikan Diri Sebagai Pengguna

Salah satu cara utama untuk membangun brand awareness untuk lebih banyak audiens adalah dengan memposisikan diri sebagai pengguna. Jadi segala sesuatu harus dilihat dari kacamata kepuasan pengguna.

Keunikan produk yang ditawarkan berdasarkan kebutuhan mereka tentu akan meninggalkan efek yang begitu besar bagi para calon konsumen. Mulai dekati target audiens dari yang mulai memiliki kecenderungan produk yang mereka suka dan butuhkan.

Baca Juga: Feasibility Study, Uji Kelayakan yang Harus Ada dalam Projectmu!

2. Aktif di Sosial Media

Hampir tidak ada orang yang tidak memiliki sosial media hari ini. Terutama dengan seiring berkembangnya zaman,teknologi smartphone menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari bagi sebagian besar orang.

Dalam rangka membangun brand awareness akan merek atau produk Anda,maka bersosialisasi dengan audiens menjadi hal yang sangat penting. Mulai coba untuk posting di media sosial Anda hal yang berkaitan dengan informasi produk untuk menambah wawasan audiens juga hal-hal yang tidak terkait dengan produk atau layanan Anda.

Baca Juga: Berhati-Hatilah, Ini Kerugian Beli Followers di Instagram!

Berinteraksi dengan audiens Anda lewat setiap postingan akan membangun hubungan dan loyalitas antara pengguna dengan brand. Jadi, perlakukan akun sosial Anda seolah-olah sebagai seorang teman dekat bukan sebagai bisnis secara langsung. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% reputasi brand berasal dari keramahan interaksi mereka dengan pengguna online.

3. Perbanyak Cerita

Metode promosi story telling menjadi hal yang banyak digemari oleh konsumen bila dibandigkan dengan cara pengenalan produk yang hard selling.

Menyusun materi seputar brand unutk dikenalkan kepada audiens dengan cara story telling dapat membuat Anda jauh lebih dekat dengan audiens. Apalagi jika narasi tersebut merupakan hal yang sedang up to date dengan kondisi saat itu ataupun sesuatu yang seringkali relate dengan kehidupan sehari-hari secara umum.

Yuk Mulai Cari Pendapatan Tambahan dengan Freelance di Panggilin!

Membangun brand awareness dengan cara ini juga menjadi salah satu pilar pendukung yang akan membuat Anda dikenang dan diingat oleh audiens yang melihat konten tersebut.

Author

Write A Comment